my sun

Selasa, 18 Februari 2014

Catatan Skripsi Unila 2013



Mendengar kata skripsi, mayoritas dari kita akan terbayang dengan kelulusan. Benar bahwa skripsi merupakan prasyarat kelulusan bagi mahasiswa S1. Skripsi memiliki tema dan gagasan yang bermacam-macam tergantung dari jurusan dan isu yang akan dikaji oleh si Pembuat skripsi. Dalam kesempatan kali ini saya mencoba memaparkan perjalanan Skripsi tahun 2013. Alasan mengapa saya memaparkan perjalanan Skripsi tahun 2013,  Karena minimnya kesempatan untuk mendapatkan informasi berkenaan dengan skripsi. Catatan ini pun berbeda dari segi tema dengan contoh perjalanan skripsi yang dicontohkan oleh Bapak Dosen pengajar Mata Kuliah Metode Ilmu Politik dan Pemerintahan dimana ada lebih dari satu masa untuk mengetahui pergeseran tema skripsi.
Catatan Skripsi ini mengelompokkan judul-judul Skripsi kedalam segi tema derdasarkan Pendekatan Negara atau Politik, Publik, dan Privat. Dalam Pendekatan Negara atau Politik Tema skripsi dapat berupa hal-hal yang berkenaan dengan Kenegaraan seperti institusi-institusi Pemerintah dan non Pemerintan, Pemilu, Proses Politik dan sebagainya berkenaan dengan tema. Dari segi Pendekatan Publik dapat berupa kepuasan masyarakat terhadap kinerja pemerintah, pengelolaan fasilitas publik,administrasi publik dan lain-lain berkenaan dengan hal tersebut. Dari Pendekatan Privat biasanya lebih mengarah kepada segala sesuatu di luar ranah Publik dan Politik.
Dari awal pengumpulan skripsi ditahun 2013 tepatnya dibulan Januari terdapat sekitar 3 skripsi yang masuk di Ruang Baca Fisip dengan judul “ Posisi dan Peran Masyarakat Sipil dan Kota Bandar Lampung” oleh Abror(14/1/013), “ Model Kaderisasi Partai Politik pada DPW PKS Provinsi Lampung” oleh Agus Toni(28/1/013), dan “ Demokrasi Lokal Tanah Datar dalam Pemilihan Wali Nagari di Kenangarian Sungayang” oleh Nanda Suban Hari(31/1/013).
Pada Bulan Februari, terdapat tiga skripsi yang dikumpul di Ruang baca diantaranya;” Penerapan Sikap Budaya Nemui Nyimah dalam Pelayanan Publik” oleh Ayu Al Qarana(13/2/013), “Proses Marjinalisasi Sistem Pemerintahan Adat Lampung dalam Hegemoni dan Kekuasaan Pemerintah Daerah”oleh Ridho Akbar( 20/2/013), dan “Efektifitas Kebijakan Pemerintah Kota Bandar Lampung dalam Izin Usaha Mini Market.
Perjalanan Skripsi di tahun 2013 terus berlanjut di Bulan Maret, April, Mei, Juni, dan Juli. Jumlah Keseluruhan Skripsi sebanyak 27 judul yang dapat di kelompokkan kedalam tiga ranah yaitu Ranah Politik, Publik, dan Privat.
Berdasarkan analisis yang saya buat, dalam Ranah Publik terdapat 11 judul yang berkaitan dengan ranah Publik beberapa sampel judul skripsi diantaranya; “Indeks Kepuasan Masyarakat terhadap Pelayanan Publik Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pesawaran” oleh Duwi Oftusari(1/2/013), “Akuntabilitas Kepala Kampung Gunung Agung dalam Mengelola Alokasi Dana Kampung”oleh Riana Rachman (3/6/013), dan “ Efektifitas Pelaksana Program Jam Belajar Masyarakat di Kota Metro”oleh Adhiyanti Hani Erviana (2/7/013). Dalam ranah Publik, Judul skripsi mengngkat persoalan Kelembagaan di sektor Publik dengan mengacu pada aspek evaluatif yang membandingkan antara ideal dengan kenyataannya. Selain itu judul skripsi juga mengacu kepada objek kebijakan publik yaitu masyarakat. Dimana tolak ukur keberhasilan dari suatu kebijakan sektor publik dibahas dalam skripsi, contoh sampelnya ialah” Kepuasan Masyarakat terhadap Pelayanan Publik Pemerintah Desa Kebagusan Kecamatan Gedong Tataan”.
Dalam Ranah Politik terdapat 16 judul skripsi yang berkaitan dengan hal Politik dimana sub kajian dari judul tersebut mengacu pada tema State Centric yang dirangkai dengan pendekatan formalis , yakni mendekati dan merangkai persoalan Politik Kelembagaan. Selain itu analisis Aspeknya hampir sama dengan judul skripsi yang masuk dalam ranah publik yaitu membandingkan antara ideal dan kenyataannya. Beberapa contoh skripsi yang masuk ranah ini diantaranya; “ Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Apatisme Politik Masyarakat Pekon Sukoharjo III pada Pilkada Pringsewu Tahun 2011”oleh Alvindra, “Rekruitment Caleg Kepala Daerah pada Pilkada Kabupaten Way Kanan” oleh Adi Kusnadi(27/6/013), dan “Persepsi Masyarakat terhadap Sosialisasi Pencalonan Herman HN Menjelang Pemilu Gubernur Lampung” oleh Melisa Handayani(24/7/013). Dari Ketiga Judul Skripsi tersebut dapat dianalisis bahwa isu sedang dan akan terjadi mempengaruhi judul skripsi yang dibuat. Sebagaimana kita ketahui bahwa beberapa waktu mendatang Lampung akan melakukan pesta Demokrasi untuk memilih Gubernur Lampung, hal tersebut berkorelasi dengan judul skripsi yang bertemakan Pemilu dan Partisipasi Masyarakat.
Ditahun 2013 belum ada Skripsi yang masuk kedalam ranah Privat, kebanyakan dari judul skripsi mengambil ranah Negara atau Politik dan Publik. Dari Jumlah keseluruhan data judul skripsi ditahun 2013 sebanyak 16 judul skirpsi bertemakan tentang Negara atau Politik, dan 11 bertemakan Publik hal tersebut sedikit banyak dilatar belakangi oleh isu yang sedang hangat dimasyarakat dan kemampuan penulis dalam mengaplikasikan ilmu yang mereka dapatkan. Sehingga dapat ditarik kesimpulan sementara bahwa untuk tahun 2013 tema tentang negara dan politik menjadi pilihan mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhir study mereka.
Warning!!!
Kesimpulan catatan skripsi ini bukan kesimpulan akhir mengingat perjalanan skripsi ditahun 2013 masih belum berakhir.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

si antagonis

belajar jadi tokoh paling antagonis sampai buat orang jadi lari ketakutan hampir mati si antagonis ini tak pernah hilang akal buat orang...