SEKILAS
TENTANG UNILA
Universitas Lampung
adalah Universitas Negeri yang ada di Lampung. Usaha untuk mendirikan
Universitas Lampung timbul dari dua panitia yang lahir pada 1959, yaitu Panitia
Pendirian dan Perluasan Sekolah Lanjutan (P3SL). Pada mulanya Unila
merupakan binaan dari Universitas
Sriwijaya. Pada tahun 1966 berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 73 tahun
1966 tentang pendirian Universitas
Lampung. Pada waktu itu Fakultas yang
ada baru dua yaitu Fakultas Hukum dan Fakultas Ekonomi. Ssetelah itu pada
tahun1967 didirirankalah fakultas pertanian disusul dengan Fakultas yang
lainnya. Universitas Lampung mengacu kepada Kebijaksanaan Pendidikan Nasional
yang bertujuan menghasilkan insan Indonesia yang cerdas dan Kompetitif. Acuan
lain adalah isu-isu utama yang menjadi tema pendidikan di Indonesia saat ini,
yaitu; (1) perluasan dan pemerataan
kesempatan belajar;(2) peningkatan kualitas pendidikan;(3) peningkatan
efisiensi penyelenggaraan program pendidikan yang tertuang didalam Kerangka
Pendidikan Tinggi Jangka Panjang(KPTJP) III dan HELTS 2003-2010, sebagai
pengejawantahan paradigma baru pendidikan tinggi di indonesia.
Sebagai Upaya untuk
melandasi kegiatan Tridaharma Perguruan
tinggi di Lampung yaitu;
1.
Pendidikan dan Pengajaran;
2.
Penelitian;
3.
Pengabdian Masyarakat.
Telah dirumuskan
filosofi Universitas Lampung, yang memberikan dasar pertimbangan dalam memilih
alternatif gerak, langkah yang
berdasarkan kepada keyakinan dasar telah dicanangkan. Filosofi Universitas
Lampung sebagai berikut;
1.
Berorientasi kepada Kepuasan Pelanggan;
Universitas Lampung sebagai penyelenggara jasa pendidikan meletakkan mahasiswa
sebagai customer utama.
2.
Bertumpu pada Organisasi dan Manajemen
yang Profesional; Unila terus
mengembangkan diri menuju terwujudnya model manajemen yang mutakhir dengan
piranti sdmnya dan pemanfaatan teknologi canggih sehingga organisasi Unila
bercirikan Efisien, auditable, dan accountable dalam rangka menuju upaya
peningkatan kualitas lulusan,pemelitian, dan pengabdian kepada msyarakat.
3. Berupa
peningkatan kualitas secara berkelanjutan; Berupaya secara konsisten dan terus
menerus untuk meningkatkan kualitas pelayanan di bidang jasa pendidikan agar
dapat dihasilkan lulusan yang baik.
4. Bekerja
berdasarkan Perencanaan Top Down-Bottom Up; memadukan aspirasi dari jurusan/
fakultas(Bottom Up) dengan arah kebijakan ( Top Down) dari Pusat( Dirjen Dikti)
5. Lingkungan
Kerja yang Kondusif; berupaya membuat iklim kerja yang kondusif agar unit-unit
di Unila dapat beraktivitas secara optimal dalam menjalankan misinya, serta
dapat mengembangkan kreativitasnya.
Visi
unila adalah “ Mewujudkan Perguruan Tinggi Sepuluh terbaik di Indonesia” visi
tersebut berdasarkan kepada kondisi saat ini dan tantangan yang dihadapi dalam
dua puluh tahun mendatang dengan memperhitungkan kekuatan sebagai modal dasar ,
maka visi sebagai visualisasi bentuk paripurna Unila yang diharapkan dapat
dicapai pada tahun 2025. visi tersebut mengarah kepada tujuan pendidikan tinggi
pertama yaitu; pertama,meningkatkan pemerataan dan perluasan akses bagi semua
warganegara melalui program-program pendidikan diploma, sarjana, magister,
spesialis, dan doktor. Hal ini terealisasi dengan adanya program PMPAP yang
menjadi salah satu pintu bagi calon mahasiswa yang berasal dari keluarga tidak
mampu namun memiliki semangat untuk mengenyam pendidikan di perguruan tinggi
negeri. Dengan membebaskan biaya kuliah mereka yang masuk dalam program ini
dapat mengnyam pendidikan selama delapan semester. Harapannya dalam waktu
tersebut mereka sudah dapat lulus; kedua, meningkatkan mutu, relevansi dan daya
saing pendidikan tinggi dalam rangka menjawab kebutuhan kerja, serta
mengembangkan ipteks. Universitas Lampung senantiasa melakukan penelitian untuk
kepentingan ilmu penegtahuan. dan meningkatkan kurikulum pendidikan yang disesuaikan
dengan kebutuhan zaman; ketiga, meningkatkan kinerja perguruan tinggi dengan
jalan meningkatkan produktivitas, efisiensi dan akuntabilitas dalam pengelolaan
layanan pendidikan tinggi secara otonom. Dalam hal ini Universitas Lampung
senantiasa meningkatkan kualitas sdm, mengutamakan pelayanan serta melakukan
pengelolaan terhadap hal-halyang bersifat akuntabilitas.
Misi
Universitas Lampung adalah ; (a) mewujudkan Tridharma Perguruan Tinggi yang
berkualitas,(b) mewujudkan budaya akademik yang kondusif dinamis, dan bermoral,
(C) mewujudkan tata kelola organisasi Unila yang baik(Good University
Governance), (d) mewujudkan aksesibilitas,(e) menjadi agen of change dan menjaga
kebenaran dan keadilan bagi kepentingan masyarakat,(f) mewujudkan kerjasama dengan
berbagai pihak antara lain pemerintah, masyarakat, dunia usaha , lembaga non
pemerintah, dalam dan luar negeri, yang saling memeberikan manfaat secara berkelanjutan.
Seiring
dengan berjalannya waktu unversitas Lampung terus mengmabangkan kualitas Pendidikan
dan pengajaran danjuga pelayanan kepada paramahasiswa. Sampai dengan Tahun ini Universitas Lampung
terdiri dari delapan fakultas diantaranya;Fakultas Ekonomi dan Bisnis(FEB),
Fakultas Hukum(FH), Fakultas Pertanian (FP), Fakultas Ilmu Keguruan dan ilmu
Pendidikan(FKIP), Fakultas Matematika dan IPA(FMIPA), Fakultas Teknik(FT),
Fakultas Ilmu Sosial dan Politik(Fisip), dan Fakultas Kedokteran(FK). Delapan fakultas tersebut semakin menambah
khazanah keilmuan dan juga peningkatan kualitas serta mutupendidikan yang
diberikan dengan adanya pergantian kurikulumnya secara berkala.
Universitas
Lampung dikenal sebagai kampus hijau karena dapat kita jumpai banyak sekali
pepohonan yang rindang. Di Unila juga terdapat Kawasan yang dihuni oleh rusa
sehingga pada saat akhir pekan sering dikunjungi oleh penduduk sekitar untuk
berolahraga pagi dan piknik keluarga. Universitas Lampung juga memiliki kolam
renang yang bisa dikunjungioleh mahasiswa dan juga masyarakat untuk berolahraga
renang. masih banyaksekalifasilitas yang kita jumpai di universitas lampung.
Keberadaan
perpustakaan menjadi penting, mengingat kebutuhan mahasiswa untuk memperoleh
referensi matta kuliah dan juga sebagai saran untuk memperoleh ilmu
pengetahuan. Perpustakaan menjadi penting, namun adakalanya peremajaan terhadap
buku-buku di perpustakaan jugamenjadi perhatian bagi Universitas Lampung.
Dinamika
kehidupan di Kampus Hijau syarat dengan aktivitas para sivitas akdemika.
Artinya tidak lepas dari peranan para mahasiswa,dosen, dan staff yang ada di Unila.
Para mahasiswa unila tiak saja aktif di kegiatan perkuliahan melainkan sebagian
aktif di kegiatan organisasi seperti BEM, UKM, dan DPM. Mereka menjadikan unila
sebagai miniatur kehidupan masyarakat yang heterogen. selain itu organisasi
juga menjadi sarana untuk melatih kepribadian mereka yang nantinya akan terjun
dimasyarakat dengan profesi yang mereka geluti. Para dosen tidak lelah
dalammendidik mahasiswa agar menjadi generasi terbaik yang kelak mampu menjadi
pemimpin dimsyarakat. Para staff juga bekerja dengan baiksesuaibidangtugas
masing-masing. Sinergitas dalam suatu lingkungan akademik sangat penting
dibangun mengingat setiap elemennya tidakdapat bergerak sendiri-sendiri.
sebagaimana Mahasiswa yang mendapat pengajaran dari dosen begitu juga sebaliknya.
Universitas
Lampung semakin gencar dalam memperluas akses pendidikan kepada masyarakat
utamanya mereka yang berada pada kelas menengah kebawah, yaitu dengan
memberikan beasiswa kepada mahasiswa yang berprestasi melalui program beasiswa
seperti; PPA, Bidik Misi, dan beasiswa dari swasta. selain itu Unila juga
meberikan kesempatan kepada mereka yang berasal dari keluarga yang kurang mampu
secara ekonomi dan tidak lolos dalam seleksi jalur masuk di Unila,yaitu melalui
program PMPAP. Program ini memberikan kemudahan bagi mereka yang memiliki
semangat dalam menmpuh studi. mereka yang mengikuti program ini di bebaskan
dari biaya kuliah.
Universitas
Lampung menjadi Universitas yang memiliki biaya paling murah dibandingkan
dengan Universitas Negeri lainnya. Hal tersebut menjadikan Unila semakin banyak
diminati oleh siswa baik dari dalam dan luar Lampung.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar