my sun

Selasa, 18 Februari 2014

campus



SEKILAS TENTANG UNILA
Universitas Lampung adalah Universitas Negeri yang ada di Lampung. Usaha untuk mendirikan Universitas Lampung timbul dari dua panitia yang lahir pada 1959, yaitu Panitia Pendirian dan Perluasan Sekolah Lanjutan (P3SL). Pada mulanya Unila merupakan  binaan dari Universitas Sriwijaya. Pada tahun 1966 berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 73 tahun 1966  tentang pendirian Universitas Lampung. Pada waktu itu Fakultas  yang ada baru dua yaitu Fakultas Hukum dan Fakultas Ekonomi. Ssetelah itu pada tahun1967 didirirankalah fakultas pertanian disusul dengan Fakultas yang lainnya. Universitas Lampung mengacu kepada Kebijaksanaan Pendidikan Nasional yang bertujuan menghasilkan insan Indonesia yang cerdas dan Kompetitif. Acuan lain adalah isu-isu utama yang menjadi tema pendidikan di Indonesia saat ini, yaitu; (1)  perluasan dan pemerataan kesempatan belajar;(2) peningkatan kualitas pendidikan;(3) peningkatan efisiensi penyelenggaraan program pendidikan yang tertuang didalam Kerangka Pendidikan Tinggi Jangka Panjang(KPTJP) III dan HELTS 2003-2010, sebagai pengejawantahan paradigma baru pendidikan tinggi di indonesia.
Sebagai Upaya untuk melandasi kegiatan  Tridaharma Perguruan tinggi di Lampung yaitu;
1.      Pendidikan dan Pengajaran;
2.      Penelitian;
3.      Pengabdian Masyarakat.
Telah dirumuskan filosofi Universitas Lampung, yang memberikan dasar pertimbangan dalam memilih alternatif gerak,  langkah yang berdasarkan kepada keyakinan dasar telah dicanangkan. Filosofi Universitas Lampung sebagai berikut;
1.      Berorientasi kepada Kepuasan Pelanggan; Universitas Lampung sebagai penyelenggara jasa pendidikan meletakkan mahasiswa sebagai customer utama.
2.      Bertumpu pada Organisasi dan Manajemen yang Profesional;  Unila terus mengembangkan diri menuju terwujudnya model manajemen yang mutakhir dengan piranti sdmnya dan pemanfaatan teknologi canggih sehingga organisasi Unila bercirikan Efisien, auditable, dan accountable dalam rangka menuju upaya peningkatan kualitas lulusan,pemelitian, dan pengabdian kepada msyarakat.
3.      Berupa peningkatan kualitas secara berkelanjutan; Berupaya secara konsisten dan terus menerus untuk meningkatkan kualitas pelayanan di bidang jasa pendidikan agar dapat dihasilkan lulusan yang baik.
4.      Bekerja berdasarkan Perencanaan Top Down-Bottom Up; memadukan aspirasi dari jurusan/ fakultas(Bottom Up) dengan arah kebijakan ( Top Down) dari Pusat( Dirjen Dikti)
5.      Lingkungan Kerja yang Kondusif; berupaya membuat iklim kerja yang kondusif agar unit-unit di Unila dapat beraktivitas secara optimal dalam menjalankan misinya, serta dapat mengembangkan kreativitasnya.
Visi unila adalah “ Mewujudkan Perguruan Tinggi Sepuluh terbaik di Indonesia” visi tersebut berdasarkan kepada kondisi saat ini dan tantangan yang dihadapi dalam dua puluh tahun mendatang dengan memperhitungkan kekuatan sebagai modal dasar , maka visi sebagai visualisasi bentuk paripurna Unila yang diharapkan dapat dicapai pada tahun 2025. visi tersebut mengarah kepada tujuan pendidikan tinggi pertama yaitu; pertama,meningkatkan pemerataan dan perluasan akses bagi semua warganegara melalui program-program pendidikan diploma, sarjana, magister, spesialis, dan doktor. Hal ini terealisasi dengan adanya program PMPAP yang menjadi salah satu pintu bagi calon mahasiswa yang berasal dari keluarga tidak mampu namun memiliki semangat untuk mengenyam pendidikan di perguruan tinggi negeri. Dengan membebaskan biaya kuliah mereka yang masuk dalam program ini dapat mengnyam pendidikan selama delapan semester. Harapannya dalam waktu tersebut mereka sudah dapat lulus; kedua, meningkatkan mutu, relevansi dan daya saing pendidikan tinggi dalam rangka menjawab kebutuhan kerja, serta mengembangkan ipteks. Universitas Lampung senantiasa melakukan penelitian untuk kepentingan ilmu penegtahuan. dan meningkatkan kurikulum pendidikan yang disesuaikan dengan kebutuhan zaman; ketiga, meningkatkan kinerja perguruan tinggi dengan jalan meningkatkan produktivitas, efisiensi dan akuntabilitas dalam pengelolaan layanan pendidikan tinggi secara otonom. Dalam hal ini Universitas Lampung senantiasa meningkatkan kualitas sdm, mengutamakan pelayanan serta melakukan pengelolaan terhadap hal-halyang bersifat akuntabilitas.
Misi Universitas Lampung adalah ; (a) mewujudkan Tridharma Perguruan Tinggi yang berkualitas,(b) mewujudkan budaya akademik yang kondusif dinamis, dan bermoral, (C) mewujudkan tata kelola organisasi Unila yang baik(Good University Governance), (d) mewujudkan aksesibilitas,(e) menjadi agen of change dan menjaga kebenaran dan keadilan bagi kepentingan masyarakat,(f) mewujudkan kerjasama dengan berbagai pihak antara lain pemerintah, masyarakat, dunia usaha , lembaga non pemerintah, dalam dan luar negeri, yang saling memeberikan manfaat secara berkelanjutan.
Seiring dengan berjalannya waktu unversitas Lampung terus mengmabangkan kualitas Pendidikan dan pengajaran danjuga pelayanan kepada paramahasiswa.  Sampai dengan Tahun ini Universitas Lampung terdiri dari delapan fakultas diantaranya;Fakultas Ekonomi dan Bisnis(FEB), Fakultas Hukum(FH), Fakultas Pertanian (FP), Fakultas Ilmu Keguruan dan ilmu Pendidikan(FKIP), Fakultas Matematika dan IPA(FMIPA), Fakultas Teknik(FT), Fakultas Ilmu Sosial dan Politik(Fisip), dan Fakultas Kedokteran(FK).  Delapan fakultas tersebut semakin menambah khazanah keilmuan dan juga peningkatan kualitas serta mutupendidikan yang diberikan dengan adanya pergantian kurikulumnya secara berkala.
Universitas Lampung dikenal sebagai kampus hijau karena dapat kita jumpai banyak sekali pepohonan yang rindang. Di Unila juga terdapat Kawasan yang dihuni oleh rusa sehingga pada saat akhir pekan sering dikunjungi oleh penduduk sekitar untuk berolahraga pagi dan piknik keluarga. Universitas Lampung juga memiliki kolam renang yang bisa dikunjungioleh mahasiswa dan juga masyarakat untuk berolahraga renang. masih banyaksekalifasilitas yang kita jumpai di universitas lampung.
Keberadaan perpustakaan menjadi penting, mengingat kebutuhan mahasiswa untuk memperoleh referensi matta kuliah dan juga sebagai saran untuk memperoleh ilmu pengetahuan. Perpustakaan menjadi penting, namun adakalanya peremajaan terhadap buku-buku di perpustakaan jugamenjadi perhatian bagi Universitas Lampung.
Dinamika kehidupan di Kampus Hijau syarat dengan aktivitas para sivitas akdemika. Artinya tidak lepas dari peranan para mahasiswa,dosen, dan staff yang ada di Unila. Para mahasiswa unila tiak saja aktif di kegiatan perkuliahan melainkan sebagian aktif di kegiatan organisasi seperti BEM, UKM, dan DPM. Mereka menjadikan unila sebagai miniatur kehidupan masyarakat yang heterogen. selain itu organisasi juga menjadi sarana untuk melatih kepribadian mereka yang nantinya akan terjun dimasyarakat dengan profesi yang mereka geluti. Para dosen tidak lelah dalammendidik mahasiswa agar menjadi generasi terbaik yang kelak mampu menjadi pemimpin dimsyarakat. Para staff juga bekerja dengan baiksesuaibidangtugas masing-masing. Sinergitas dalam suatu lingkungan akademik sangat penting dibangun mengingat setiap elemennya tidakdapat bergerak sendiri-sendiri. sebagaimana Mahasiswa yang mendapat pengajaran dari dosen begitu juga sebaliknya.
Universitas Lampung semakin gencar dalam memperluas akses pendidikan kepada masyarakat utamanya mereka yang berada pada kelas menengah kebawah, yaitu dengan memberikan beasiswa kepada mahasiswa yang berprestasi melalui program beasiswa seperti; PPA, Bidik Misi, dan beasiswa dari swasta. selain itu Unila juga meberikan kesempatan kepada mereka yang berasal dari keluarga yang kurang mampu secara ekonomi dan tidak lolos dalam seleksi jalur masuk di Unila,yaitu melalui program PMPAP. Program ini memberikan kemudahan bagi mereka yang memiliki semangat dalam menmpuh studi. mereka yang mengikuti program ini di bebaskan dari biaya kuliah.
Universitas Lampung menjadi Universitas yang memiliki biaya paling murah dibandingkan dengan Universitas Negeri lainnya. Hal tersebut menjadikan Unila semakin banyak diminati oleh siswa baik dari dalam dan luar Lampung.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

si antagonis

belajar jadi tokoh paling antagonis sampai buat orang jadi lari ketakutan hampir mati si antagonis ini tak pernah hilang akal buat orang...